Peran Strategis Orangtua Asuh dalam Kembangkan Prestasi Anak



JAKARTA, KOMPAS.com - Orangtua asuh dan guru mempunyai peran yang strategis untuk mengembangkan prestasi anak asuhnya. "Karena, orang tua asuh dan guru yang berinteraksi dengan anak asuh," kata Direktur Eksekutif Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jakarta, Mohammad Isnaini Mohammad Isnaini di sela-sela acara "Jambore Anak Sholeh 2009", di Bumi Perkemahan, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (11/7).

Ia mengatakan, sebagai lembaga amal zakat nasional BMH hanya dapat memberikan dana dan membina bagi anak dari keluarga tidak mampu namun bisa mempertahankan prestasi mereka di sekolah. Dia menjelaskan pula bahwa kegiatan Jambore Anak Sholeh juga diharapkan bisa menjadi sarana untuk merekatkan kasih sayang antara orangtua dan anak asuh karena selama ini masih banyak orang tua asuh yang belum mengenal anak asuhnya.

Manajer Divisi Pemberdayaan BMH Jakarta, Rama Wijaya menjelaskan, peran orangtua asuh dan guru sangat penting terhadap perkembangan prestasi anak. Menurut dia, jika anak asuh tidak mampu mempertahankan prestasinya dan mengalami penurunnya, maka beasiswa yang dia terima akan diganti anak berprestasi lainnya.

BMH dalam tahun ini memberikan beasiswa kepada 449 anak asuh dari tingkatan anak sekolah dasar hingga tingkat Mahasiswa di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Menurut dia, jumlah anak asuh yang mendapatkan beasiswa tersebut mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya 551 anak asuh.

Namun, BMH pada semester kedua tahun ini akan menambah sebanyak 200 anak asuh penerima beasiswa dan 100 anak di antaranya, sudah diterima pada semester pertama."Anak asuh yang mendaftarkan pada semester pertama ada seribuan anak. Tapi, yang diterima dan masuk kriteria anak berprestasi hanya 100 anak asuh," katanya.

Menurut dia, menurunnya jumlah anak asuh yang menerima beasiswa, karena BMH telah mendirikan sekolah gratis ditingkat SMP. BMH merencanakan pada Juli ini, peluncuran pertama perguruan tinggi yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Hidayatullah.
0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Tulisan

Bisnis Internet | Bisnis Online | Uang dari Internet |  Duit gratis | komisi 80%
Pulsa Gratis | Pulsa Murah | Pulsa Handphone | Isi Pulsa


Masukkan Code ini K1-36DCA9-9
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Followers